Ekshibisi Cabang Olahraga Padel pada PON XXI di Medan Mulai Resmi Diselenggarakan – Gerakita

Medan – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman hadir dalam acara Pembukaan pertandingan ekshibisi cabang olahraga Padel dalam rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 di Lapangan Padel People, Jalan H.M. Said, Medan.

Ekshibisi Padel yang saat ini sedang berlangsung telah disiapkan oleh Perkumpulan Besar Padel Indonesia (PBPI) sejak awal tahun 2023. PBPI sendiri adalah anggota baru KONI Pusat yang disahkan dalam Rakernas KONI pada tanggal 3 Juli 2024.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah pembangunan lapangan Padel pertama di Kota Medan, yang diresmikan oleh Ketua Umum KONI Pusat bersamaan dengan berlangsungnya pertandingan ekshibisi. Ketua Umum KONI Pusat juga melakukan penandatanganan pada prasasti sebagai bukti peresmian venue tersebut.

“Dalam kapasitas saya sebagai Ketua Umum KONI Pusat, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada PBPI yang dipimpin oleh Mas Galih Kartasasmita dan timnya, yang telah menyiapkan ekshibisi dengan sangat baik. Saya juga ingin mengucapkan apresiasi kepada kontingen yang hadir,” ujar Ketua Umum KONI Pusat.

“Semoga perkembangan Padel yang pesat di dunia juga dapat terjadi di Indonesia. PBPI adalah motor penggerak perkembangan Padel di Indonesia, oleh karena itu pengelolaan organisasi dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan klub harus disiapkan dengan baik. Keberhasilan ekshibisi ini harus menjadi momentum penyebaran Padel ke seluruh Indonesia,” tambahnya. Venue yang baru diresmikan diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet yang berprestasi di tingkat dunia.

Setelah menyebar dengan baik di Indonesia, diharapkan Padel dapat berkembang di Asia Tenggara dan segera dipertandingkan dalam SEA Games.

Ekshibisi Padel ini diikuti oleh beberapa provinsi seperti Banten, Bali, Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Aceh, dan Sumatera Barat.

Para peserta akan berkompetisi dalam format beregu yang terdiri dari tiga kategori: ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Sistem pertandingan yang digunakan adalah Round Robin, dengan pembagian peserta ke dalam dua grup.

Selain pertandingan resmi, dalam Pembukaan acara, terdapat Performance Match yang dimeriahkan oleh para bintang AGAK LAEN, yaitu Oki Rengga, Boris, dan Jegel, dengan harapan dapat menambah semarak suasana acara pembukaan.

Ekshibisi ini merupakan langkah penting dalam memperkenalkan cabang olahraga Padel di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara, serta sebagai ajang uji coba menjelang PON XXI/2024. Diharapkan Padel dapat dipertandingkan pada PON XXII/2028 di NTB-NTT.

Source link