Mengaktifkan dan Memanfaatkan Teknologi RCS di Ponsel Android

Sebagian kecil dari kamu mungkin sudah tahu apa itu RCS dan bagaimana cara menggunakannya. Namun saya yakin masih banyak juga di antara kamu yang belum mengetahui apa itu RCS.

Karenanya, dalam artikel ini saya akan menjelaskan serta menunjukkan bagaimana cara menggunakan RCS di HP Android. Tutorial di bawah ini bisa diikuti di semua merek HP Android, mulai dari Samsung, Xiaomi, OPPO, Acer, Asus, dan lainnya.

Baca juga: Cara Backup SMS di HP Android

Apa itu RCS?

RCS atau Rich Communication Services adalah protokol komunikasi standar industri yang dikembangkan oleh GSM Association (GSMA) untuk menggantikan protokol SMS dan MMS. RCS dilengkapi dengan sistem komunikasi yang lebih kaya fitur dan modern.

Berbeda dengan SMS yang terbatas pada 160 karakter dalam satu pesan, Anda bisa mengirim pesan dengan panjang 8.000 karakter dalam sekali kirim. Selain itu, Anda juga bisa mengirim gambar, video, dan audio beresolusi tinggi. Anda juga bisa melihat apakah pesan Anda sudah dibaca oleh penerima atau belum. Saat penerima ingin membalas pesan, ada indikator pengetikan yang memberi tahu Anda bahwa penerima sedang mengetik pesan.

Untuk menjaga keamanan data penggunanya, semua pesan yang dikirim melalui RCS akan dienkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end). Anda juga bisa mengirim pesan menggunakan data seluler maupun Wi-Fi sehingga lebih murah dibandingkan SMS. Fitur lain yang tak kalah penting adalah panggilan video. Jadi, di masa yang akan datang, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan untuk menghubungi teman Anda.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan RCS

Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi Google Message di Google Play Store. Namun, jika Anda adalah pengguna HP Android terbaru, kemungkinan besar aplikasi ini sudah terpasang secara default di HP Android Anda.

Kemudian buka aplikasi Google Message. Pilih akun Google yang ingin Anda gunakan. Tekan tombol Lanjutkan sebagai.

Ketuk foto profil akun Google Anda. Kemudian pilih Setelan Message.

Pilih menu Chat RCS. Menu ini terletak di paling atas. Setelah itu, ketuk Aktifkan chat RCS dan ketuk tombol Verifikasi nomor Anda.

Google Message biasanya akan secara otomatis mengenali nomor HP yang Anda gunakan. Namun, jika tidak, Anda akan diminta untuk mengetikkan nomor HP Anda secara manual.

Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat hingga nomor Anda terverifikasi sebelum dapat menggunakan RCS. Jika sudah terverifikasi, akan muncul tulisan Chat RCS siap untuk.

Untuk dapat mengirim pesan RCS, Anda hanya bisa mengirimkannya ke teman yang juga sudah mendaftarkan nomornya. Tandanya bahwa teman Anda sudah menggunakan RCS adalah ada tulisan Pesan RCS pada kolom pesan.

Untuk menguji, silakan kirim pesan ke nomor teman Anda tersebut. Jika pulsa Anda tidak berkurang namun pesan tetap terkirim, itu berarti Anda berdua sudah bisa mengirim dan menerima pesan RCS.

Sedangkan jika teman Anda belum menggunakan RCS, tandanya adalah akan ada keterangan “Berkirim pesan teks dengan lalala (SMS/MMS)” seperti di bawah ini:

Source link

Exit mobile version