Mathius Derek Fakhiri, Calon Gubernur Papua dalam Pilkada 2024

Mathius Derek Fakhiri adalah salah satu calon Gubernur Papua yang akan berpasangan dengan Aryoko Rumaropen. Komjen Pol. (Purn.) Mathius Derek Fakhiri adalah mantan Kapolda Papua sebelum digantikan oleh Brigjen Pol Patrige Renwarin.

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur ini didukung oleh sejumlah partai, antara lain Demokrat, Perindo, PKB, PAN, PSI, Buruh, Hanura, PBB, PKN, PKS, Gerindra, PPP, Gelora, Garuda, Ummat, Golkar, dan Nasdem.

Profil Mathius Derek Fakhiri:
Lahir pada 6 Januari 1968 di Ransiki, ibu kota Manokwari Selatan, Mathius Derek Fakhiri adalah seorang jenderal bintang tiga yang pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Wilayah Papua. Ia berasal dari keluarga suku Awyu dan Inanwatan. Mathius telah menyelesaikan pendidikan di berbagai tempat, termasuk Akademi Kepolisian pada tahun 1990.

Selama karier kepolisiannya, Mathius pernah menjabat di berbagai posisi dan meraih berbagai prestasi, termasuk meraih Piala Presiden pertama ke Papua. Setelah pensiun dari kepolisian, Mathius memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri sebagai calon Gubernur di Pilkada 2024.

Profil singkat Mathius Derek Fakhiri:
Keluarga:
– Istri: Rafatul Mulkiyah/Eva Mathius Fahkhiri
– Memiliki 4 Anak

Pendidikan:
– SD YPK Merauke tahun 1981
– SMP YPPK St. Thomas Wamena tahun 1984
– SMAN 2 Jayapura tahun 1987
– Akademi Kepolisian tahun 1990
– STIK/PTIK tahun 2001
– Sespim Polri tahun 2005
– Sesko TNI tahun 2018

Pengalaman:
Sejumlah posisi dan penugasan selama karier kepolisiannya, termasuk sebagai Kapolda Papua pada tahun 2021.

Artikel ini disusun oleh Putri Atika Chairulia dan diedit oleh Alviansyah Pasaribu. Copyright © ANTARA 2024.

Source link

Exit mobile version