Mengubah Website Favorit Anda Menjadi Aplikasi

Google Chrome telah mengambil alih posisi Mozilla Firefox sebagai peramban web yang paling banyak digunakan oleh orang di planet Bumi. Hal ini tidaklah mengherankan karena Google Chrome memiliki banyak fitur menarik.

Saya sendiri juga menggunakan Google Chrome, namun tetap mempertahankan penggunaan Mozilla Firefox untuk keperluan tertentu. Salah satu kelebihan Google Chrome dibandingkan dengan Mozilla Firefox terletak pada fitur-fiturnya yang unik.

Salah satu fitur favorit saya di Google Chrome adalah fitur “Add to desktop”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan shortcut website favorit ke desktop sebagai aplikasi. Hal ini membuat website tersebut terlihat seperti sebuah aplikasi.

Jika Anda juga ingin menggunakan fitur ini, berikut langkah-langkahnya:
1. Buka Google Chrome dan kunjungi website favorit Anda.
2. Klik tanda titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih “More tools” dan kemudian “Add to desktop”.
3. Sekarang shortcut website akan muncul di desktop Anda.

Untuk membuat website terlihat seperti aplikasi, buka tab baru di Google Chrome dan masukkan url “chrome://apps/”. Kemudian buka website yang sudah Anda tambahkan shortcut-nya tadi.

Dengan cara ini, website akan terbuka sebagai jendela mandiri dan terpisah dari tab lainnya, sehingga terlihat seperti aplikasi sungguhan. Anda dapat menerapkan cara ini untuk website yang sering Anda gunakan, seperti Dropbox Paper, Evernote, atau Google Docs.

Sekarang Anda dapat menggunakan website favorit Anda layaknya sebuah aplikasi desktop tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Selamat mencoba dan tetap produktif!

Source link

Exit mobile version