Mengirim Foto dari iPhone ke Mac menggunakan AirDrop

Setiap iPhone, iPad, dan Mac dilengkapi dengan fitur bawaan bernama AirDrop. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim dan menerima berkas dari iPhone ke Mac, iPad ke iPhone, dan sebaliknya.

Salah satu kelebihan AirDrop dibandingkan dengan aplikasi pihak ketiga adalah proses pengirimannya yang sangat cepat. Dan tentu saja, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Dan dalam artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengirim foto dari iPhone ke Mac menggunakan AirDrop.

Cara ini cukup populer digunakan oleh para pengguna iPhone ketika ingin memindahkan foto ke Mac.

AirDrop adalah fitur yang ada di perangkat iPhone dan Mac. AirDrop dapat digunakan untuk mengirim foto baik dari iPhone ke Mac ataupun sebaliknya.

Dan untuk menggunakan AirDrop, Anda tidak memerlukan kabel sama sekali. Karena AirDrop menggunakan jaringan Wifi dan Bluetooth untuk mengirim foto.

Untuk mengirim foto dari iPhone ke Mac, Anda bisa geser ke atas pada iPhone untuk memunculkan Control Center, lalu sentuh tombol AirDrop.

Selanjutnya, akan ada dua pilihan, yaitu Contacts Only dan Everyone. Karena sekarang Anda ingin memindahkan foto ke Mac milik sendiri, pilih “Contacts Only”.

Sekarang, AirDrop telah aktif dan siap digunakan untuk mengirim foto dari iPhone ke Mac. Dengan mengaktifkan AirDrop, itu artinya fitur Bluetooth dan Wifi juga akan aktif.

Beralih ke Mac Anda. Buka AirDrop dengan cara membuka Finder, lalu pilih “AirDrop” dari sidebar di sebelah kiri. Atau dengan shortcut “Shift + Cmd + R”.

Di bawah jendela Finder, Anda akan menemukan opsi “Allow me to be discovered by”. Klik opsi tersebut, lalu pilih “Contacts only”.

Setelah mengaktifkan AirDrop di Mac, Anda bisa menutup jendela Finder. Kemudian kembali ke iPhone.

Buka aplikasi Photos, kemudian pilih foto yang ingin Anda kirim ke Mac. Anda juga bisa memilih beberapa foto sekaligus agar lebih cepat.

Setelah memilih foto yang ingin dikirim ke Mac, maka akan muncul ikon di bawah kiri, yaitu ikon “Share”. Sentuh ikon tersebut.

Kemudian Anda akan melihat Mac Anda muncul di daftar perangkat yang terhubung melalui AirDrop. Pilih gambar profil yang Anda gunakan di Mac tersebut.

Sekarang, Anda bisa membuka foto yang dikirim tersebut di Mac. Buka di folder Downloads. Semua foto yang dikirim menggunakan AirDrop dari iPhone akan muncul di folder tersebut.

Jadi, mudah bukan? Yang Anda butuhkan hanya fitur bawaan iPhone dan Mac, yaitu AirDrop. Anda juga tidak membutuhkan kabel sama sekali. Sebagai gantinya, Anda memerlukan sebuah jaringan wifi atau menggunakan bluetooth perangkat.

Source link

Exit mobile version