Maluku Berharap Naik Kelas di PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 – Gerakita

Oleh: Syakir Putra Tradia/Mahasiswa Magang Manajemen UI

JAKARTA – Kontingen Maluku tidak hanya ingin berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024. Mereka bertekad untuk meningkatkan peringkat atau meraih lebih banyak medali.

Pada PON XX Tahun 2021, Maluku berada di peringkat 21 dengan total 15 medali. Dari jumlah tersebut terdiri dari 5 emas, 4 perak, dan 6 perunggu. Hal ini menjadi ambisi besar bagi Maluku untuk meningkatkan perolehan medali.

“Dengan 5 medali emas dari PON sebelumnya, saya yakin Maluku tahun ini bisa meraih 10 hingga 15 medali emas pada PON XXI,” kata Ketua Harian KONI Maluku Mustafa Kamal, pada Kamis (18/7).

Maluku akan mengirimkan 13 cabang olahraga dengan 54 atlet pada PON XXI di Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024. Cabang olahraga tersebut antara lain Dayung, Karate, Selam, Kempo, Atletik, Billiard, Kick Boxing, Muaythai, Menembak, Tarung Derajat, Tinju, Wushu, Taekwondo. Dayung, tinju, dan seni bela diri menjadi andalan Maluku.

Pemerintah daerah telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali di PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024.

“Bonus akan menjadi tanggung jawab Pemda dan kami telah berkomunikasi dengan penjabat Gubernur,” kata Mustafa Kamal.

Menurut Mustafa Kamal, PON XX di Papua Tahun 2021 memberikan pembelajaran yang berharga, sehingga di PON XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 ini akan lebih baik.

“Kami baru masuk Pelatda sebulan yang lalu, sekitar 2 bulan lebih sampai hari-H. Namun kami tetap optimis, perkembangan kami sangat pesat dan luar biasa. PON Papua tahun lalu memberikan banyak pelajaran dan kami akan lebih baik di Aceh-Sumut,” tegas Mustafa.

Source link

Exit mobile version