Aboe Bakar: PKS dan PKB bersiap untuk bekerjasama dalam Pilkada

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi menyatakan partainya siap bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan November 2024.

“Yang cepat sudah putus adalah kolaborasi Pilkada ya, saya tawarkan PKB kalau ingin ambil jadi gubernur kita tawarkan,” katanya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis malam.

Dia menegaskan bahwa PKS juga siap membantu PKB memenangkan Pilkada di beberapa daerah, termasuk di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang merupakan basis suara PKB.

Aboe menambahkan bahwa PKS siap bekerjasama di banyak daerah, khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah, untuk membantu PKB. Mereka juga berencana untuk membangun kerjasama di parlemen ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah pertemuan antara elit PKS yang dipimpin oleh Ketua Umum Ahmad Syaikhu dengan elit PKB yang dipimpin oleh Ketua Umum Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta.

Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk menyamakan presepsi dan pengalaman dalam Koalisi Perubahan. Dia berharap kerja sama antara PKB dan PKS dapat terus berlanjut baik dalam tingkat legislatif maupun eksekutif.

“Kalau tidak dieksekutif pusat, ya eksekutif daerah. Sebelum eksekutif, ada koalisi di tingkat Pilkada. Insyaallah kita nanti kita cari jalan agar kita bisa berkoalisi,” harap Muhaimin.

Artikel ini ditulis oleh Fauzi dan diedit oleh Agus Setiawan. Copyright © ANTARA 2024.

Source link