Kontingen “Bumi Pasundan” Meraih Lebih dari Seratus Medali Emas – Gerakita

MEDAN – Kontingen “Bumi Pasundan” Jawa Barat menjadi kontingen kedua peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang perolehan medalinya melampaui seratus medali emas pada Senin (16/9) sore. Kontingen Jawa Barat telah mencatatkan 103 medali emas, 103 perak, dan 99 perunggu.

Dengan perolehan medali tersebut, posisi Kontingen Jawa Barat di urutan kedua dalam daftar sementara pengumpul medali PON XXI tidak berubah. Posisi teratas masih dipegang oleh kontingen Jakarta, yang telah meraih 109 medali emas, 94 perak, dan 90 perunggu. Jawa Timur, yang sebelumnya memimpin, kini tetap berada di urutan ketiga dengan 95 medali emas, 88 perak, dan 87 perunggu. Meskipun Jawa Timur memiliki target meraih medali terbanyak, perolehan medali emasnya masih di bawah seratus dan tampaknya mengalami kesulitan dalam meningkatkan kecepatan perolehan medali.

Tuan rumah bersama PON XXI, provinsi Sumatera Utara dan Aceh, masih bertahan di posisi keempat dan kelima. Kontingen Sumatera Utara telah meraih 52 medali emas, 28 perak, dan 61 perunggu, sementara Aceh telah meraih 42 medali emas, 36 perak, dan 39 perunggu.

Berdasarkan perkembangan perolehan medali PON XXI dari pagi hingga sore hari Senin, nampaknya kelima besar kontingen tersebut tidak akan tergantikan. Perolehan medali mereka jauh dari kelompok-kelompok di bawahnya.

Sementara itu, daftar perolehan medali PON XXI dari urutan kesebelas hingga ke-38 masih belum mengalami perubahan signifikan. PON XXI/2024 diikuti oleh 38 kontingen dari 38 provinsi di Indonesia.

PON XXI/2024 yang dimulai sejak 9 September dijadwalkan akan berakhir pada 20 September. Rencananya, PON XXI akan ditutup secara resmi dalam upacara penutupan di Stadion Utama Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang, pada tanggal 20 September mendatang. ***

Source link