Presiden Jokowi Akan Menutup Pekan Olahraga Nasional XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara – Gerakita

MEDAN – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut akan resmi ditutup oleh Presiden Jokowi pada Upacara Penutupan di Stadion Utama Sumatera Utama, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (20/9) malam. Hal ini diungkapkan Ketua Bidang Upacara Panitia Besar PON XXI/2024 M. Mahfullah Pratama Daulay di Medan, Senin (16/9).

Dia menegaskan bahwa Stadion Utama Sumatera Utara, yang baru saja dibangun, sudah sepenuhnya siap digunakan untuk penyelenggaraan upacara penutupan tersebut. Hal ini untuk menjawab keraguan beberapa pihak mengingat pada saat PON XXI berlangsung pembangunan stadion tersebut terus dikerjakan siang-malam melibatkan sejumlah personel TNI.

Untuk mengantisipasi hujan saat acara berlangsung, Panitia PON wilayah Sumatera Utara sedang mempertimbangkan kemungkinan melakukan rekayasa cuaca melibatkan pihak-pihak terkait. Hal ini mengingat cuaca hujan yang turun di Kota Medan dan sekitarnya hampir setiap sore hingga malam hari dalam seminggu terakhir.

Rangkaian acara penutupan PON XXI dimulai pukul 15.00 WIB. Hal ini untuk mengantisipasi minat masyarakat Sumatera Utara untuk menyaksikan acara tersebut dan agar tidak terjadi “penumpukan” penonton. Secara resmi, upacara penutupan akan dilakukan malam hari dan undangan diharapkan hadir mulai pukul 19.00.

Untuk mencegah kemacetan lalu lintas di Stadion Utama dan sekitarnya, Kepolisian Daerah Sumatera Utara akan menerapkan rekayasa lalu lintas. Menurut Mahfullah, rekayasa lalu lintas akan dimulai pukul 13.00 WIB.

Mahfullah menambahkan bahwa Stadion Utama tersebut mampu menampung lebih dari 25 ribu penonton. Namun pada upacara penutupan nanti, tribun timur stadion akan dikosongkan karena banyaknya peralatan elektronik untuk acara.

Penonton yang ingin menyaksikan acara penutupan PON XXI dapat mendapatkan tiket gratis secara online atau melalui loket tiket yang tersedia. Bagi yang tidak mendapatkan tiket, Panitia Besar PON XXI akan memasang tenda besar di luar stadion dan menyediakan videotron untuk menyiarkan langsung acara tersebut.

Rangkaian acara penutupan PON XXI/2024 akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya Aceh dan Sumatera Utara. Selain itu, akan ada pula atraksi seni dan budaya dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat sebagai tuan rumah penyelenggara PON XXI/2028. Acara diperkirakan berakhir pukul 22.30 dengan atraksi kembang api dan sinar laser.

Upacara penutupan PON XXI akan ditandai dengan pemadaman api PON XXI. Pada Sabtu pagi (21/9), juga akan dilakukan upacara penurunan bendera kontingen peserta PON XXI yang akan dipimpin oleh Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni. ***

Source link