Cara Mengatasi Masalah Video yang Tidak Bisa Diputar di Perangkat Android

Salah satu hal yang paling sering dilakukan di HP Android selain untuk berkomunikasi biasanya adalah menonton video. Entah itu video tutorial, film, drama, series, atau yang lainnya.

Jika Anda adalah orang yang sering menonton video yang diunduh dari internet, Anda pasti pernah mengalami video yang tidak dapat diputar, bukan? Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai penyebab.

Pertama, video yang diunduh bisa jadi berkasnya rusak atau korup, sehingga tidak dapat diputar. Kedua, video tersebut mungkin menggunakan format khusus sehingga aplikasi pemutar video bawaan HP Android Anda tidak dapat memutarnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan rekomendasi 5 aplikasi pemutar video yang dapat Anda gunakan untuk memutar video yang diunduh dari internet.

Anda pasti sudah tidak asing dengan aplikasi pemutar media bernama VLC, bukan? Aplikasi ini sangat populer, baik di PC maupun di Android. VLC dikenal dengan kemampuannya memutar beragam jenis video dalam format yang berbeda-beda. Oleh karena itu, saya merekomendasikan VLC sebagai aplikasi pilihan pertama.

VLC versi Android memiliki hampir semua fitur yang ada di versi PC-nya, seperti fitur untuk memuat subtitle, memutar berbagai jenis video, memutar video YouTube, dan masih banyak lagi.

Aplikasi pemutar video berikutnya yang juga dapat memutar hampir semua jenis video adalah MX Player. Jika Anda mengalami kesulitan memutar film di Android karena masalah codec atau format, cobalah menggunakan MX Player. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format teks film seperti DVD, DVB, SSA, Substation Alpha, SAMI, SubRip, dan PJS.

MX Player tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Keduanya memiliki fitur yang sama, yaitu dapat memutar berbagai format video dan film. Namun, MX Player Pro dilengkapi dengan fitur tambahan yang lebih canggih seperti dekoder perangkat keras untuk pemutaran video yang halus dan berkualitas tinggi.

KMPlayer adalah aplikasi pemutar video yang dapat digunakan untuk memutar video berkualitas tinggi seperti video HD, 4K, bahkan 8K. Selain memutar video, KMPlayer juga dapat digunakan untuk memutar musik. Kelebihan KMPlayer dibandingkan dengan aplikasi lain adalah tampilannya yang modern dan ukurannya yang ringan.

GOM Player adalah aplikasi pemutar video populer dengan logo jejak kaki. Aplikasi ini mendukung fitur dasar seperti kontrol kecepatan video, gestur jari, subtitle, dan pengaturan pencahayaan. Selain itu, GOM Player juga dapat memutar berbagai jenis video dengan codec yang berbeda-beda, termasuk video 360 yang sedang populer.

NOVA Video Player merupakan aplikasi pemutar video open source yang tidak menampilkan iklan, sehingga lebih nyaman digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memutar video dari penyimpanan internal, SD Card, hingga cloud, membuat pengguna lebih fleksibel. NOVA Video Player juga dapat menampilkan informasi terkait film, seperti tahun rilis, sutradara, dan pemeran.

Jika Anda mengalami kesulitan memutar video di HP Android, Anda dapat mencoba menggunakan salah satu dari aplikasi pemutar video yang telah disebutkan di atas. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan format video yang ingin Anda putar. Jangan sampai salah menggunakan pemutar video dan akhirnya video Anda tidak dapat diputar.

Source link

Exit mobile version