Gelanggang Terbaik Indonesia – Gerakita menjadi Tuan Rumah Pertandingan Pacu Kuda PON XXI

Seri perlombaan Pacu Kuda di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 telah resmi dibuka oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman di gelanggang HM.Hasan Gayo, Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Takengon, Aceh Tengah.

Saat pembukaan, Ketua Umum KONI Pusat mengapresiasi venue sepanjang 1.400 meter dan seluas 27 hektar itu mempertandingkan 10 nomor pertandingan PON XXI. Pertandingan digelar pada 11-12 September 2024.

“Lapangan ini yang terbaik di Indonesia, memang belum 100%, tapi saya yakin dalam waktu dekat ini akan menjadi kebanggaan kita semua,” jelas Marciano setelah membuka resmi pertandingan Pacu Kuda pada 11 September 2024.

Diharapkan venue yang didukung Kementerian PUPR itu dapat bermanfaat pasca PON XXI, dalam arti dapat diselenggarakan kompetisi agar melahirkan atlet berprestasi dan juga memberikan dampak positif terhadap perekonomian melalui Sport Tourism dan Sport Industry. Ketua Umum KONI Pusat juga menyambut baik animo masyarakat pecinta Pacu Kuda yang hadir menyaksikan.

“Oleh karena itu, saya titipkan venue yang bagus ini kepada Bapak Bupati Aceh Tengah untuk semakin banyak even dalam satu tahun, itu semakin baik dan saya yakin Pacu Kuda di Takengon ini akan semakin berkualitas dan semakin membanggakan kita semua,” lanjut Marciano yang merupakan mantan joki Pacu Kuda.

Selain itu, Ketua Umum KONI Pusat juga menyampaikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada PB.PON XXI, Pemerintah Daerah setempat beserta Forkompimda, PP.Pordasi, Pengprov Pordasi, dan seluruh pihak yang mendukung pertandingan Pacu Kuda.

Hadir pada pembukaan tersebut antara lain, Ketua PP.Pordasi Triwatty Marciano, Pelaksana tugas Bupati Aceh Tengah Subhandhy beserta jajaran Forkompimda Aceh Tengah, Perwakilan Pelaksana tugas Bupati Gayo Lues, Pelaksana tugas Bupati Bener Meriah, Ketua Pengprov Pordasi, Ketua Panitia Pelaksana Pacu Kuda PON XXI Iwan Liesaputra, dan Technical Delegate (TD) Pacu Kuda Fauzan Haviz, SE., MBA., MALS., MM atau dikenal juga sebagai Andi Fauzan.

Sebelumnya, TD Pacu Kuda menjelaskan bahwa pertandingan siap diselenggarakan dengan baik karena infrastruktur inti untuk kuda berlari sudah tuntas. “Semua sarana dan prasarana pendukung yang terkait selama pertandingan cabang olahraga berkuda Pacu PON XXI sudah kita persiapkan, diantaranya dataran track pacu, tribun penonton, ruang atlet, ruang official, tower pemantau, kandang kuda dan lain sebagainya. Termasuk juga dengan kesiapan tim kesehatan hewan maupun tim kesehatan dan keselamatan atlet untuk semua kontingen,” terang Andi Fauzan.

Tak dipungkiri, menurut Andi, masih ada beberapa bagian kecil yang sedang dalam proses pengerjaan atau finishing. “Namun hal ini tidak menghalangi panitia, kontingen, ataupun masyarakat untuk ikut serta menyaksikan pertandingan cabang olahraga berkuda Pacu PON XXI dengan baik dan tidak dipungut biaya alias gratis,” tegas pria asal Sumatera Barat tersebut.

Sebanyak 11 kontingen akan bersaing, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara. Mereka akan berlaga pada tanggal 11 September 2024 dengan nomor perlombaan antara lain;
Race I Kelas (F) 1000 meter,
Race II Kelas (D) 1000 meter,
Race III Kelas (C) 1100 meter,
Race IV Kelas (B) 1200 meter,
Race V Kelas (A) 1300 meter.

Pada hari Kamis, 12 September 2024, nomor perlombaan akan meliputi;
Race I Kelas (E) 1200 meter,
Race II Kelas (D) 1400 meter,
Race III Kelas (C) 1600 meter,
Race IV Kelas (B) 1850 meter,
Race V Kelas (A) 2200 meter.

Source link

Exit mobile version