Pameran PON XXI untuk Mendorong UMKM di Blang Padang Banda Aceh – Gerakita

Keberhasilan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 harus tercermin dalam penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan juga ekonomi. Secara khusus, diharapkan adanya manfaat bagi masyarakat sekitar, terutama di lokasi pertandingan. Seharusnya, acara olahraga memberikan manfaat tambahan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Di sisi lain, masyarakat sekitar juga diharapkan memberikan dukungan untuk suksesnya PON XXI, terutama dalam menyediakan kebutuhan para peserta. Slogan “Sangat Bersatu Kita Juara” harus tercermin dalam dukungan para atlet, pelaku usaha lokal, dan juga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memenuhi kebutuhan para peserta.

“Dalam kegiatan olahraga, harus ada dampak positif bagi masyarakat lokal dan pendapatan daerah. Olahraga dapat mempersatukan kita, atlet bersaing, dan masyarakat bersatu untuk mendukung acara tersebut. Semua elemen bersatu untuk mendukung acara olahraga dengan cara masing-masing, ini adalah inti dari semangat ‘Bersatu Kita Juara’,” ungkap Ketua Panwasrah PON XXI wilayah Aceh Mayjen TNI Purn Andrie T.U.S.

Pada acara PON XXI Expo di lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Pj.Gubernur Aceh, Dr. H Safrizal, ZA diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi resmi membuka acara tersebut.

Dalam sambutan tertulis Pj. Gubernur yang dibacakan Azwardi, disebutkan bahwa PON XXI bukan hanya ajang olahraga bergengsi, tetapi juga momen penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, terutama sektor UMKM.

Azwardi menegaskan, UMKM memegang peran penting dalam perekonomian Aceh. Oleh karena itu, PON EXPO XXI diharapkan dapat menjadi platform bagi pelaku UMKM untuk berbagi informasi, meningkatkan kapasitas, dan memperluas jaringan pemasaran.

Selanjutnya, Pemerintah Aceh berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan sektor UMKM dengan kebijakan dan program strategis yang inklusif. Ini mencakup peningkatan akses pembiayaan, pelatihan keterampilan, promosi produk, dan penciptaan lingkungan usaha yang kondusif.

Source link

Exit mobile version