Profil Dr. Jihan Nurlela, Calon Wakil Gubernur Lampung pada Pilkada 2024

Jakarta (ANTARA) – Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela menjadi pasangan calon pertama yang mendaftarkan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur dalam Pilkada Lampung 2024. Mereka datang ke KPU Lampung pada hari Kamis, 29 Agustus 2024, dengan diusung oleh sepuluh partai, antara lain Partai Gerindra, PKB, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN, PSI, PPP, Partai Ummat, dan Partai Buruh. Jihan Nurlela sebagai calon wakil gubernur merupakan perempuan satu-satunya dalam kontestan Pilkada Lampung 2024 ini. Usianya juga terbilang muda, ia lahir pada 22 April 1994 dan merupakan adik dari mantan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim.

Sebelum banting setir ke politik, Jihan berprofesi sebagai seorang dokter dan merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jihan kemudian melanjutkan studinya dengan mengambil Magister Manajemen di Universitas Saburai Lampung. Karier politiknya dimulai pada tahun 2019 ketika dirinya menjabat sebagai Anggota DPD-RI Dapil Lampung periode 2019–2024 yang menjabat sejak 1 Oktober 2019, setelah memperoleh suara sebanyak 810.373 suara.

Alasan Jihan terjun ke dunia politik adalah karena ia menilai banyak anggota DPD yang menjabat hanya sebagai pelarian saja, bukan fokus mencalonkan diri karena ingin bekerja untuk rakyat. Kali ini Jihan akan merambah karier politik yang lebih tinggi dengan maju sebagai cawagub Lampung mendampingi Rahmat Mirzani Djausal.

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Source link

Exit mobile version