Gerakita: Permulaan Pesta Olahraga Terbesar di Indonesia

Ketua Panwasrah PON XXI Wilayah Sumatera Utara, Mayjen TNI (Purn) Heru Suryono, hadir dalam upacara pengibaran bendera kontingen di Lapangan Astaka Pancing, Sumatera Utara, pada Minggu, 8 September 2024.

Upacara ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara.

Pada prosesi ini, sebanyak 39 bendera dikibarkan, yang terdiri dari bendera 38 provinsi di Indonesia serta bendera Ibu Kota Nusantara.

Pengibaran bendera dilakukan oleh satuan polisi pamong praja, dan upacara dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Sumatera Utara, Dr. Drs. H. A. Fatoni, M.Si

Dalam sambutannya, Pj Gubernur menyampaikan, “Dengan pengibaran bendera kontingen seluruh Indonesia pada hari ini, sebagai tanda bahwa seluruh aktivitas kegiatan Pekan Olahraga Nasional, kegiatan pesta olahraga terbesar di Indonesia, dimulai di Sumatera Utara.”

Beliau juga menekankan pentingnya peran Sumatera Utara sebagai tuan rumah PON. “Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah PON ke-21, merupakan suatu kehormatan, suatu kebanggaan, dan sekaligus satu tanggung jawab yang besar, sebagai perjalanan sejarah,” ujarnya.

“Mari kita jalankan bersama-sama, kita laksanakan bersama-sama, dan kita akan menjadi tuan rumah yang baik,” lanjutnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua Bidang Upacara PON XXI Wilayah Sumut, M. Mahfullah Pratama Daulay, S.STP, M.AP

“Tadi kita melaksanakan upacara kenaikan bendera kontingen PON ke 21 untuk wilayah provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini juga dilakukan di Aceh,” ujarnya.

“Ini adalah bagian rangkaian, dari pada pelaksanaan menuju pembukaan Pekan Olahraga Nasional ke 21,” lanjutnya.

Wakil Ketua Bidang Upacara Panwasrah PON XXI Wilayah Sumatera Utara, Drs. Ishak Setyadi Sjam yang juga turut mendampingi Ketua Panwasrah PON Wilayah Sumut menyatakan bahwa upacara pengibaran bendera kontingen di Sumatera Utara merupakan sejarah baru.

“Sebuah sejarah baru, bahwa para pengibar bendera kontingen ini terdiri dari satuan polisi pamong praja provinsi Sumatera Utara dan juga diiringi oleh marching band dari Satpol PP,” ungkapnya.

Panwasrah PON XXI juga berperan aktif dalam mengawasi dan mengarahkan persiapan-persiapan teknis.

“Kami dari Panwasrah senantiasa mendampingi, mengarahkan, serta mengawasi jalannya persiapan-persiapan untuk melaksanakan pengibaran bendera maupun pembukaan PON ke-21,” pungkas Waketum Bidang Upacara.

Dengan prosesi pengibaran bendera ini, Sumatera Utara siap menyambut ribuan atlet dari seluruh Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di tanah air ini.

Source link

Exit mobile version