Prestasi dan Biodata Veddriq Leonardo: Raih Emas di Olimpiade Paris 2024

Veddriq Leonardo lahir di Pontianak pada 11 Maret 1997. Sejak masa SMA, Veddriq telah mengenal dan jatuh cinta dengan dunia panjat tebing. Awalnya, ia berlatih di nomor boulder sebelum akhirnya beralih ke nomor speed. Pada nomor ini ia menemukan bakat alaminya dan mulai mengukir prestasi.

Perjalanan karier Veddriq di dunia panjat tebing dimulai di tingkat nasional pada sebuah lomba di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Dari sana, prestasinya terus meroket, hingga akhirnya ia menjadi pemenang Piala Dunia Panjat Tebing dalam tiga edisi berturut-turut, dari 2021 hingga 2023. Prestasi gemilang lainnya termasuk meraih medali emas di Asian Games 2018 dan medali perak di Asian Games 2022 dalam nomor speed relay.

Veddriq juga dikenal sebagai pemegang rekor dunia panjat tebing nomor speed, menjadi manusia pertama yang mampu menaklukkan dinding lintasan setinggi 15 meter dengan waktu kurang dari 5 detik, tepatnya 4,79 detik pada babak penyisihan Olimpiade Paris 2024. Dengan usia yang baru menginjak 27 tahun, Veddriq Leonardo telah membuktikan dirinya sebagai salah satu atlet terbaik dalam sejarah panjat tebing, membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

Exit mobile version