Gerakita: Pembangunan Menuju Tahap Akhir

Oleh: Amallia Andini Saputri / Mahasiswi Magang Ilmu Politik UI

Jakarta, 19 Juli 2024 – Pembangunan berbagai venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menunjukkan kemajuan yang signifikan. Beberapa venue hampir selesai, memberikan harapan besar untuk pelaksanaan acara olahraga terbesar di Indonesia ini.

Sekretaris Umum PB PON Wilayah Aceh, M. Nasir Syamaun MPA, menyampaikan bahwa beberapa venue sudah mencapai lebih dari 90 persen progres pembangunan.

“Ada beberapa yang sudah mencapai 90 persen lebih, dan itu sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujar M. Nasir pada Jumat, 19 Juli 2024.

Stadion Harapan Bangsa, yang akan menjadi tuan rumah cabang olahraga sepak bola Pool A, telah mencapai progres 84,75%. Lapangan Tenis Lambung menunjukkan progres 83,56% untuk cabang olahraga tenis. Venue untuk cabang olahraga rugby di Lapangan Lambung mencapai progres 61,09%.

Pembangunan Stadion H. Dimurthala menunjukkan realisasi 82,48% untuk cabang olahraga sepak bola Pool B. Gedung PABSI Komplek SHB mencapai progres 90,44% untuk cabang olahraga angkat berat dan angkat besi. Hall Anggar di Komplek SHB mencapai progres 90,76% untuk cabang olahraga anggar.

Lapangan Tenis Jasdam mencapai progres 80,15% untuk cabang olahraga soft tenis (Pool A). Venue Pacuan Kuda Takengon mencapai realisasi 72,97% untuk cabang olahraga berkuda. Lapangan Tenis Polda mencapai progres 73,22% untuk cabang olahraga soft tenis (Pool B).

Lapangan Tenis SHB mencapai progres 81,33% untuk cabang olahraga tenis lapangan (Pool A). Progres pembangunan GOR KONI Aceh mencapai 80,96% untuk cabang olahraga hapkido. Rugby Sevens Stadion Mini USK mencapai progres 74,61% untuk cabang olahraga rugby sevens (Pool A).

Progres pembangunan venue SMK3 mencapai 69,88%. Sedangkan pembangunan venue Waduk Keliling Indrapuri hampir selesai dengan realisasi 99,60% untuk cabang olahraga dayung.

Menurut M. Nasir, beberapa venue yang telah mencapai angka realisasi 90 persen lebih di antaranya, venue angkat besi 90,44 persen, dan venue anggar 90,76 persen, berada di Komplek Stadion Harapan Bangsa (SHB).

“SHB nantinya akan menjadi tempat Open Ceremony PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Di Komplek SHB juga nantinya akan dilaksanakan pertandingan delapan cabang olahraga,” jelasnya.

Delapan cabang olahraga yang akan dilaksanakan di Komplek SHB adalah sepak bola, angkat besi, angkat berat, anggar, panjat tebing, basket, tenis lapangan, dan panahan. Untuk venue-venue pendukung di Komplek SHB, realisasi fisiknya sudah di atas 90 persen semua. Begitu pula dengan venue dayung di Waduk Keliling, Aceh Besar.

Selain itu, persiapan venue-venue pendukung di Aceh juga telah menunjukkan progres yang signifikan. Bale Meuseura Aceh, yang akan digunakan untuk cabang olahraga muaythai dan tarung derajat, telah mencapai 100% penyelesaiannya.

“Atas perintah Pj Gebernur Aceh yang merupakan Ketua Umum PB PON Wilayah Aceh, masing-masing bidang diwajibkan melaporkan progres persiapan setiap hari,” terang M. Nasir. “Sejauh ini, proses percepatan persiapan di semua bidang berjalan lancar,” kata M. Nasir.

Meski tidak ada hambatan, PB PON Wilayah Aceh juga telah merumuskan langkah-langkah antisipasi melalui mekanisme Plan B.

Dengan perkembangan yang sangat signifikan, PON XXI Aceh-Sumut 2024 diharapkan dapat berlangsung dengan sukses dan tepat waktu.

“Aceh sudah siap menyambut PON 2024. Apalagi, persiapan juga berjalan dengan baik, dan sesuai schedule, bahkan melebihi target pengerjaan, terkhusus yang dibiayai APBN melalui Kementerian PUPR,” kata M. Nasir.

Berikut adalah progres beberapa venue di Aceh:

  • Stadion Harapan Bangsa (Sepak Bola, Pool A) – 84,75%
  • Stadion H. Dimurthala (Sepak Bola, Pool B) – 82,48%
  • Gedung PABSI Komplek SHB (Angkat Berat & Angkat Besi) – 90,44%
  • Hall Anggar Komplek SHB (Anggar) – 90,76%
  • Lapangan Tenis Jasdam (Soft Tenis, Pool A) – 80,15%
  • Lapangan Tenis Polda (Soft Tenis, Pool B) – 73,22%
  • Lapangan Tenis Komplek SHB (Tenis Lapangan) – 81,33%
  • GOR KONI Aceh (Hapkido) – 80,96%
  • Bale Meuseura Aceh (Muaythai & Tarung Derajat) – 100%
  • Lapangan Tenis Lambung (Tenis Lapangan, Pool B) – 83,56%
  • Rugby Lapangan Lambung (Rugby, Pool B) – 61,09%
  • Rugby Sevens Stadion Mini USK (Rugby Sevens, Pool A) – 74,61%
  • SMK3 – 69,88%
  • Waduk Keliling Indrapuri (Dayung) – 99,60%

Source link

Exit mobile version