Meraih Keuntungan Manis dari Bisnis Jajanan Pasar

Rubi Snack bekerjasama dengan para pengrajin jajanan pasar dari berbagai wilayah di Jogja. Ada yang berasal dari sekitar Kotagede, Jalan Magelang, dan Bantul. Para pengrajin di sekitar Kotagede biasanya akan menyetorkan sendiri jajanan pasar ke kios Rubi Snack di Pasar Kotagede. Supplier jajanan pasar di wilayah Bantul juga langsung mengantarkan jajanan ke kios Rubi Snack di Bantul. Khususnya untuk supplier dari Jalan Magelang, Yozi biasanya mengambil jajanan pasar setiap pagi.

Beberapa supplier yang bekerjasama dengan Rubi Snack adalah pengrajin yang sudah rutin menitipkan jajanan sejak bisnis ini masih dipegang oleh ibunda Yozi. Hubungan jangka panjang ini menunjukkan adanya kepercayaan dan komitmen antara Rubi Snack dan supplier-suppliernya. Keberlanjutan kerjasama ini juga mencerminkan stabilitas dan kesetiaan kedua belah pihak.

Meskipun Rubi Snack telah berhasil menjalin kerjasama yang baik dengan para supplier, Yozi juga menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis ini. Salah satu masalah yang sering muncul adalah keterlambatan pengantaran jajanan pasar oleh beberapa supplier, terutama saat ada pesanan pagi.

“Kadang kalau ada pesanan pagi, beberapa kali supplier telat mengantarkan jajanan yang dipesan. Tapi, karena kami distributor, kami yang harus menghadapi komplain dari pelanggan,” cerita Yozi.

Kios Rubi Snack di Pasar Kotagede rata-rata meraih omzet 5 juta rupiah per hari. Dengan 5 karyawan di kios Kotagede dan 5 karyawan di kios Bantul, Yozi terus berharap agar usahanya terus berkembang. Kedepannya, ia berencana untuk menambah kios jajanan pasarnya.